Spektrofotometri merupakan suatu metoda analisa yang didasarkan pada pengukuran serapan  sinar monokromatis oleh suatu lajur larutan berwarna pada panjang gelombamg spesifik dengan menggunakan monokromator prisma atau kisi difraksi dengan detektor fototube.

Spektrofotometer adalah alat untuk mengukur transmitan atau absorban suatu sampel sebagai fungsi panjang gelombang. Sedangkan pengukuran menggunakan spektrofotometer ini, metoda yang digunakan sering disebut dengan spektrofotometri.

Absorbsi sinar oleh larutan mengikuti hukum Lambert-Beer, yaitu :

A =     log ( Io / It )         =  a b c

Keterangan  : Io = Intensitas sinar datang

It = Intensitas sinar yang diteruskan

a = Absorptivitas

b = Panjang sel/kuvet

c = konsentrasi (g/l)

A = Absorban

Dalam spektrofotometri yang dihitung adalah energi. Jika energi cahaya meningkat atau frekuensi meningkat maka panjang gelombang turun. berikut ini adalah macam-macam panjang gelombang berdasarkan kerapatannya:

Spektrfotometri UV Visible adalah pengukuran dan interpretasi radiasielektromagnetik (cahaya) yang diabsorpsi atau diemisikan oleh molekul pada panjang gelombang 200-800 nanometer.

Pajang gelombang 200-400 nm adalah sinar ultraviolet, kita bisa menggunakan panjang gelombang ini untuk larutan sampel yang tidak berwarna. dan panjang gelombang 400-800 nm adalah sinar tampak dimana kita bisa mengukur panjang gelombang untuk larutan sampel yang berwarna. Warna cahaya yang terabsorpsi dan cahaya teramati adalah Komplementer. berikut ini adalah warna dari cahaya sinar tampak: